Popular Post

Posted by : Unknown Senin, Juni 22, 2015

Yeeeesss, dan ingin melompat rasanya saat seorang teman memberiku hadiah kecil ketika ngopi bareng
Mutrofin namanya, temanku yang satu ini sudah lama aku nggak ketemu, terakhir seingatku waktu kita lulusan SMP dan memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah yang berbeda. Dan kemaren, beberapa hari sebelum puasa, tiba - tiba dengan senyuman khas nya dia memberiku sebuah bingkisan kecil saat kita ketemu ngopi bareng. ini memang bukan pertama kali kita ketemu sejak lulus, aku ketemu dia pertama kali ketika sedang mencari referensi untuk bahan skripsiku 6 bulan yang lalu.

"apa ini?"
"Buka dirumah saja", katanya
"loh, aku tidak sedang ulang tahun hari ini", (dalam hati sebenarnya aku ragu dia tahu kapan ulang tahunku)
"sudah terima saja, kapan kapan mampirlah kerumah dan kau bisa kembalikan itu padaku jika tak suka, tapi kalau kau menyukainya mari kita obrolkan tentang itu sambil nyeruput teh hangat"
"wah, terima kasih. Pasti ini sesuatu yang menyenangkan, aku akan menyimpannya"
"aku sangat yakin kamu akan menikmatinya"

kupacu sepeda motorku, isi bingkisan begitu mengganggu, maklum rindu (alaah malah dadi nyanyi)
maksudku penasaran bukan rindu :hammer:

Ternyata isi bungkusan itu adalah buku ke tiga karya penulis Dan Brown

Photo by Siput Kecil
Aku memang sedang mencari dan ingin banget baca novel ke 3 karya Dan Brown ini
yak Dan Brown adalah penulis dari novel the best seller The Da Vinci Code dan Angels and Demons, seorang yang dengan cerdik dan luar biasa mampu membawa ku masuk dan betah berada di dalam dunia yang selama ini malas aku geluti, yaitu membaca. Entah sihir apa yang dimiliki seorang Dan Brown sehingga berhasil membuatku berpaling dari game dan anime kesukaanku untuk menghabiskan waktu berjam - jam membaca novelnya dan tidak hanya membaca, novel Dan Brown biasanya dipenuhi dengan istilah - istilah unik dan aneh yang belum pernah aku dengar atau ketahui sebelumnya. Yah karena aku ini orangnya kuper dan lola abis, maka googling adalah satu - satunya senjataku untuk hanya sekedar melihat wujud asli dari benda, bangunan atau tempat latar belakang dari cerita yang disuguhkan oleh Dan Brown. Namun satu hal yang sedikit membuatku kecewa adalah tidak adanya Robert Longdon pada novel ini. Namun hal itu tidak mengurangi sihir Dan Brown, dengan menempatkan sosok lain yang membuatku bermimpi berjumpa dengannya.


Deception Point, atau dalam novel terjemahan bahasa Indonesia berjudul Titik Muslihat
  Dalam novel ini Dan Brown mengambil tema tentang konflik politik yag dihubungkan dengan astronomi dan sejarah yang mengambil latar belakang di Washinton DC, Amerika Serikat.

Kematian, di tempat terpencil ini bisa terjadi dengan cara yang tak terhitung jumlahnya.

  Fiuuh, awal cerita sudah disuguhi pembunuhan seorang geolog bernama Charles Brophy oleh sekelompok orang tak dikenal, cukup tragis. Sang geolog beserta anjing penarik kereta saljunya dilempar begitu saja dari atas helikopter dari ketinggian 1.200m ke dalam jurang di kawasan bersalju. (-_-)

  Tokoh utama Deception Point adalah Rachel Sexton, seorang putri dari senator Sedgewick Sextor yang sedang naik daun dan merupakan salah satu saingan terberat presiden saat ini dalam pemilihan presiden selanjutnya. Digambarkan sebagai wanita yang memiliki kepribadian yang cerdas, cantik, serta memiliki intuisi dan insting yang sangat kuat serta memegang teguh ketelitian, kerahasiaan dan kebenaran dalam hidup dan menjalankan pekerjaannya.

  Rachel terlibat dalam sebuah pertarungan politik antara ayahnya dan presiden yang sedang menjabat Zach Herney. Mulanya Rachel mengira tak akan terlibat secara langsung dengan pertarungan mereka, hanya secara "pekerjaan" karena dirinya bekerja untuk pemerintahan. Ayahnya mencibir dia memilih untuk mendukung Herney untuk menjadi Presiden berikutnya daripada dirinya yang ayahnya sendiri. Namun, justru pekerjaannya lah yang menyeret dirinya terlibat secara terang terangan. Berawal dari permintaan Presiden Amerika Zach Herney untuk bertemu secara privat dengan dirinya. Pertemuan itu bergulir menjadi sebuah pembuktian luar biasa dari temuan NASA yang mencengangkan, yang akan mengubah sejarah seluruh umat manusia. NASA mengclaim telah menemukan meteorid raksasa seberat 8 ton yang tertimbun di dalam lempeng es padat di kawasan artik.

  Memang penemuan meteorid oleh badan antariksa Amerika Serikat itu bukanlah untuk pertama kalinya dalan sejarah, yang menjadikan penemuan ini luar biasa adalah terdapat bukti fosil makhluk hidup di meteorid tersebut. Rachel dalam hal ini ditempatkan sebagai salah satu dari tim bersama ahli bersama Michael Tolland seorang presenter TV terkenal dan ahli kelautan, Ilmuan astrofiska terkenal Corky Marlinson, Kepala ahli Paleontologi di UCLA William Ming, serta Norah Mangor ahli glasiologi dari Universitas of New Hampshire yang bertugas untuk mengungkapkan penemuan ini kepada masyarakat dunia.

  Kehormatan yang didapat Rachel ini sebenarnya membuat dirinya kwatir, karena jika dia berbicara kepada masyarakat tentang temuan NASA ini maka dia akan terang - terangan mengkhianati ayahnya. Senator Sexton mengusung tentang penghematan dana anggaran pemerintah, dan NASA mendapat sorotan yang cukup tajam karena diduga menghabiskan banyak anggaran untuk penelitian dan kajian tidak efektif yang beberapa tahun terakhir tidak menghasilkan sesuatu yang baru, serta sering mengalami kegagalan dalam beberapa kali ujicoba.

  Memberikan statement tentang temuan ini didepan publik sama saja menggali liang kubur untuk ayahnya sendiri, walaupun hubungan Rachel dan ayahnya tidak cukup dekat sejak kematian ibunya, tapi Rachel tidak berminat untuk menjadi pion politik dari Zach Herney. William Packering sudah memperingatkan dirinya bahwa pertemuan pribadi dengan presiden ini pasti memiliki tujuan politis. Packering yang merupakan atasan Rachel di NRO (NATIONAL RECONNAISSANCE OFFICE), yang merupakan organisasi pemerintah yang bertugas menyaring data intellegen yang ada untuk disampaikan kepada Gedung Putih.

  Ternyata Zach Herney bukanlah pribadi yang begitu buruk, Sang Presiden yang mengusung kampanye positip menolak dengan keras kampanye negatif berupa pemberitaan tentang keburukan lawan seperti perselingkuhan, penyuapan, penipuan, pesekongkolan politik ataupun tentang keburukan keburukan lawan lawan politiknya. Rachel ditugaskan untuk memberikan informasi tentang meteorid ini bukan kepada  masyarakat luas tetapi kepada staf keprisidenan di Gedung putih. Presiden berfikir jika posisi Rachel sebagai petugas intellegen negara dan anak dari musuhnya dalam pertarungan perebutan kursi presiden bisa memberikan keyakinan dan dampak yang positif kepada seluruh kru serta staff nya di gedung putih yang mulai berupaya memberontak kepadanya.

    Konferensi dengan staff gedung putih berlangsung sukses dan Rachel mendapat ucapan selamat, ucapan terimakasih dan kepercayaan dari seluruh hadirin yang hadir di ruang oval. Diseberang ruangan, Administrator NASA, Lawrence Ekstrom sedang menyiapkan konferensi Pers untuk berita paling dinanti dalam satu decade ini, tidak hanya untuk mengankat kembali citra NASA yang terpuruk karena serangan dari kampanye senator Sexton namun juga untuk pembuktian kepada masyarakat sains dan dunia bahwa teori tentang adanya makhluk hidup dilaur angkasa adalah benar secara live pada jam 20.00. Selain itu, berita ini akan menjadi kunci untuk menyerang balik senator Sexton dalam upaya pemenangan pemilu Presiden Zach Herney.

  Kebenaran dan keberuntungan tentang penemuan meteorid ini terlihat sempurna dan meyakinkan sampai ketika profesor Ming menyadari bahwa ada yang ganjil dari lubang bekas pengangkatan meteorid tersebut. ketika Profesor Ming hendak mengambil sample dari air tersebut untuk mengecek kebenaran teorinya, sesuatu yang tidak disangka terjadi. Profesor Ming tergelincir ke dalam lubang, tidak dapat kembali ke permukaan lalu tewas secara mengenaskan di dalam lubang es tempat meteorid purba sebelumnya berada. Kematian Profesor Ming ternyata didalangi oleh sekelompok pasukan khusus berkode sandi "DELTA FORCE" yang sudah mengawasi gerak gerik seluruh penelitian Meteoriddi Dataran Es Milne, Pulau Ellesmere, Kutub Utara.

  Cerita lalu berlanjut dengan mengesankan, tentang Delta Force yang mendapat tugas untuk menjaga rahasia dibalik penemuan meteorid melawan kelompok ilmuan yang penasaran akan bukti ingin membuktikan argumen tentang keganjilan yang terjadi di lubang bekas meteorid diangkat. Kejar mengejar dan upaya pembunuhan terhadap ilmuan berlangsung seru dengan penggambaran yang membuat pembaca berhenti bernafas sejenak. Dan Brown seolah mengenal dengan baik seluruh aset Militer Amerika (sarana dan persenjataan serta taktik militer) bekerja.

  Membaca novel ini kita tidak hanya disuguhi intrik politik dalam upaya mencapai kekuasaan tertinggi, namun juga pengetahuan tentang astronomi (terutama tentang meteor), sejarah, ilmu kelautan serta geologi. Semuanya dibalut dengan epic dengan kisah cinta yang tidak terlalu lebay yang membuat saya hampir seharian berada didalam kamar serta hampir tidak mendengar adzan magrib.

  Mungkin karena sudah membaca novel - novel karya Dan Brown yang lain, maka saya tidak terlalu bingung dengan alur ceritanya, namun tetap terkejut dengan bagaimana Dan Brown mampu memberikan klimaks yang luar biasa, serta anti klimak di akhir cerita yang membuat pembaca pasti bertanya - tanya, "Adakah kelanjutan dari novel ini"??



Siapa pun yang berkata kekuasan tidak akan menimbulkan kecanduan, pasti belum pernah benar-benar berkuasa, Zach Herney




                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

{ 1 10 ... read them below or add one }

  1. plot awal kayak angel and deamon yak? Langsung ke pembunuhan lagi. Coba kalo romantis, gue melek deh. :D

    Baca Dan Brown emang harus siap sedia google di samping yak, karena banyak informasi yang tidak diketahui orang awam macam kita ini. Ah tapi aku lebih suka mempelajari hubungan manusia daripada baca kode. :v

    BalasHapus

- Copyright © Catatan si siput kecil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Siput Kecil -